Bupati Nikson Nababan Anggaran Program Bina Lansia Akan Ditingkatkan

Program Bina Lansia di setiap daerah selalu dicanangkan oleh pemerintah. Tapi, sayangnya tidak setiap daerah yang hasilnya terlihat. Tapi berbeda dengan Bupati Nikson Nababan, ia benar – benar merencanakannya dengan baik dengan program yang sangat tertata. Semenjak ia dilantik di tahun 2014 silam, dana untuk program Bina Lansia tersebut telah ia persiapkan dari anggaran APBD. Hal tersebut dimaksutkan agar dapat meningkatkan taraf hidup bagi para lansia itu sendiri di Kabupaten Tapanuli Utara tersebut.

Bupati Nikson Nababan telah mengucurkan dana bagi para lansia tersebut sejak ia dilantik di tahun 2014. Dan dananya sudah berjumlah miliaran rupiah terhitung hingga saat ini. Hal itu pun akan terus ditingkatkan seiring kebutuhan para lansia. Jadi, tidak heran jika sudah banyak para lansia yang sudah merasakan program – program yang telah dicanangkan. Total dari keseluruhan para lanjut usia yang telah berpartisipasi dalam kegiatan bina Lansia mencapai 17.285.000 jiwa.

Banyak testimoni yang diberikan para lansia tentang program Bina Lansia dari Bupati Nikson Nababan ini. Salah satu ialah Tohap Simare-mare, lansia yang telah merasakan program beliau ini. Ia juga mengaku merasa diperhatikan oleh Bupatinya dan memang sebelumnya tidak ada program yang seperti ini. Melalui program Bina Lansia tersebut, Tohap Simare-mare telah menerima multivitamin dan makanan tambahan. Ditambah dengan senam lansia yang juga diadakan, membuatnya merasa semakin sehat.

Si Tohap Simare-mare pun berkata bahwa ia diberi training dan ia bangga saat memakainya. Ibu Satika Nikson Nababan lah yang telah memberikan trainingnya kepadanya langsung. Hal tersebutlah yang membuatnya diperhatikan oleh Bupatinya, ia merasa di hargai sebagai masyarakatnya. Ia pun mengatakan tidak pernah merasakan perhatian penuh dari seorang Bupati seperti ini. Hal ini lah yang membuat Bupati Tapanuli Utara itu disegani serta di hormati oleh para masyarakat.

Testimoni lainnya berasal dari salah satu lansia yang bernama Rosida Panggabean yang berasal dari Desa Lumban Siagian Julu. Ia pun berkata bahwa hal seperti ini baru saja ia rasakan karena belum pernah ada sebelumnya. Program yang ia rasakan diantaranya ialah senam lansia dan juga pemeriksaan kesehatan secara rutin. Pemeriksaan tersebut terdiri dari cek kolesterol, cek asam urat, dan juga cek gula darah. Maka dari itu, ia berharap Bupati kesayangannya dapat terpilih lagi agar program lansia terus dilanjutkan.

Ada pula testimoni dari lansia yang bernama Kalarance Simamora yang berasal dari Desa Hutatinggi. Ia mengaku sangat bahagia dengan adanya senam bagi para lansia yang diadakan oleh Bupati. Karena ia dapat bertemu dengan lansia – lansia lainnya dan bisa bertukar pikiran satu sama lain. Hal tersebut tentulah sangat positif, mengingat para lansia membutuhkan suasana baru agar tidak terlalu banyak beban pikiran. Hal tersebutlah yang membuatnya mendukung Bupati Nikson Nababan agar terpilih lagi.

Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Utara yang bernama Dr. Janri Nababan membenarkan program Lansia tersebut. Ia mengatakan program tersebut memang dicanangkan langsung dari Bupati Nikson Nababan mulai tahun pelantikannya, yaitu 2014. Kelompok Lansia pun dibentuk di semua Puskesmas di tahun yang sama beserta dana untuk pemberian multivitamin. Lalu dibentuklah Posyandu Lansia yang mempunyai kegiatan senam lansia seminggu sekali. Dan adapula kegiatan membuat sabun cair yang bekerjasama dengan PKK Kabupaten dan dipimpin langsung oleh Ibu Santika Simamora.

Dr. Janri Nababan juga mengatakan bahwa dana APBD selalu dikeluarkan untuk mendukung semua kegiatan dari Bina Lansia tersebut. Selain itu, semua kegiatan tersebut didukung penuh oleh Bupati Nikson Nababan dan Ibu Santika Simamora. Ia pun mengatakan bahwa hanya di Tapanuli Utara saja yang melakukan kegiatan seperti gebyar lansia. Hal itu dikarenakan Bupati menginginkan para lansia dapat lebih sehat sehingga meningkatkan harapan hidup lansia. Namun, Bupati sangat menyayangkan adanya kampanye hitam yang mengatakan bahwa program Bina Lansia itu hanyalah program pusat saja.

Tinggalkan Balasan

Please rate*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *